manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Ibu Hamil

Posted on

Ibu hamil minum minyak zaitun – Siapa yang tidak mengenal minyak zaitun? Kalaupun ada yang tidak mengenalnya, pasti dia pernah mendengarnya. Minyak zaitun ini adalah minyak yang memiliki banyaaak sekali manfaat. Di mulai untuk bahan makanan atau memproses makanan (mis. Memasak), sampai untuk suplemen kesehatan dan pengobatan.

Di Indonesia mungkin kita masih jarang menemukan minyak zaitun untuk memasak. Tapi di sebagian negara lain minyak zaitun adalah minyak dasar untuk memasak. Minyak zaitun juga sering dikonsumsi baik untuk menjaga kesehatan maupun penyembuhan. Untuk memenuhi tujuan itu minyak zaitun bisa dikonsumsi langsung maupun dicampur dengan ramuan lain. Selain itu minyak zaitun juga terkenal untuk kecantikan, terutama untuk perawatan kulit wajah dan rambut.

Berikut Beberapa Manfaat Minyak Zaitun yang Sudah Masyhur:

  1. Membantu dalam diet
  2. Mengatasi diabetes (membantu menjaga tingkat insulin)
  3. Pengurang rasa sakit (peradangan)
  4. Merawat kulit (penghambat penuaan dan luka di kulit)
  5. Menjaga kinerja pikiran
  6. Menguatkan sistem imunitas tubuh
  7. Menjadi suplemen bagi janin
  8. Memelihara kesehatan untuk hidup lebih panjang.
  9. Merawat rambut
  10. Mengurangi risiko penyakit jantung

Itulah 10 manfaat minyak zaitun. Di mana, sebenarnya masih banyak lagi manfaat minyak zaitun, tapi kita bahas di artikel lainnya. Karena di artikel ini kita akan membahas tentang manfaat minyak zaitun untuk ibu hanil. Lalu, apa yang ibu hamil minum minyak zaitun dapatkan. Mari kita simak pembahasan terebut:

Manfaat Ibu Hamil Minum Minyak Zaitun

1. Mensupport Pertumbuhan Tulang dan Otot Janin

Pertumbuhan tulang dan otot janin akan sangat mempengaruhi tulang dan otot bayi nantinya. Oleh karena itu sang ibu hamil harus mengkonsumsi suplemen-suplemen yang akan mensupport pertumbuhan tulang dan otot janin.

Begitu pula dengan minyak zaitun ini. Minyak zaitun tidak sama dengan minyak goreng biasanya yang mengandung lemak. Minyak zaitun ini mengandung kalsium yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang. Sehingga bisa dijadikan pertimbangan untuk menggunakan minyak zaitun ke dalam makanan selama ibu hamil.

2. Memperlancar Aliran Darah

Minyak zaitun juga memperlancar aliran darah pada ibu hamil. Ibu hamil seringkali merasakan nyeri di bagian pinggul. Hal itu dikarenakan ibu hamil membawa beban yang cukup berat dan makin berat setiap harinya. Kondisi itu juga memberikan gangguan pada peredaran darah ibu.

Banyak ibu hamil yang mengalami lebam di leher dan bengkak di kaki. Ini karena ibu hamil tetap aktif berjalan dan berkegiatan meskipun menopang berat yang lebih. Minyak zaitun di sini bermanfaat untuk obat oleh pijat yang bisa menetralisir penyakit tersebut.

3. Mencegah Varises

Ibu hamil minum minyak zaitun

Ibu yang hamil mengalami perubahan pada tubuhnya. Sehingga, terkadang, otot dari ibu hamil mengalami pengerutan. Hal tersebut bisa memicu timbulnya varises. Ibu hamil atau pasca hamil bisa menggunakan minyak zaitun dan dioleskannya pada setiap otot-otot seperti leher, lengan, paha, kaki, dan lain sebagainya.

4. Menjaga Kelembapan Kulit

Biasanya, ibu hamil akan mengalami kulit pecah-pecah, kering, dan timbul flek hitam di daerah wajah dan leher. Sedangkan di dalam minyak zaitun terdapat vitamin E yang berkhasiat melembapkan kulit. Oleh karena itu akan sangat terbantu jikalau ibu hamil mengoleskan minyak zaitun ke bagian-bagian kulit yang terkena efek samping kehamilan tersebut.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh pada ibu hamil adalah hal yang sangat penting. Karena kita dalam kondisi itu kita tidak sedang mempermasalahkan kesehatan ibu tapi juga kesehatan janin. Jikalau ibunya mengalami gangguan kesehatan, ada kemungkinan janinya ikut terganggu. Oleh karena itu kekebalan tubuh dari sang ibu dan si janin harus terus dijaga.

Minyak zaitu mengandung squelene. Kandungan ini dipercaya berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Seperti itulah manfaat ibu hamil meminum minyak zaitun. Semoga bis bermanfaat untuk ibu yang sedang hamil di sana. Dan jika Anda membutuhkan pelancar asi maka bisa mencoba mengkonsumsi ASI Booster Tea.

Sumber Kajian:

  • https://www.penabiru.com/5-manfaat-minyak-zaitun-bagi-ibu-hamil/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *