Lari Jarak Pendek : Pengertian, Jenis, dan Aturannya

Lari Jarak Pendek adalah salah satu ajang kompetisi yang paling sering diselenggarakan. Tidak hanya kompetisi, lari jarak pendek juga dibutuhkan di olahraga seperti sepak bola.

Lari Jarak Pendek secara istilah adalah lari dengan jarak pendek pada kecepatan maksimum (atau mendekati masksimum). Lari jenis ini digunakan dalam berbagai macam olahraga yang membutuhkan mengejar target atau menghindari lawan. Penelitian tentang tubuh manusia mengatakan bahwa manusia hanya bisa mempertahankan kecepatan lari maksimumnya hanya selama 30-35 detik. Hal ini disebabkan oleh penipisan phosphocreatine di otot ketika kita berlari dengan kecepatan maksimum. Setelah 30-35 detik tersebut, maka kecepatan lari kita akan berkurang.

Jarak dalam kompetisi Lari Jarak Pendek bermacam-macam, mulai dari 50 meter sampai 600 meter.

athletes-652495_960_720

Pada tingkat profesional, para pelari memulai balapan dengan melakukan posisi jongkok pada kotak start. Kemudian mulai memajukan badannya dan berdiri secara perlahan. Ketika bunyi tembakan start atau tanda lainnya terdengar, baru balapan dimulai. Pengeturan posisi tubuh ketika start adalah kunci penting dalam menghasilkan daya dorong yang optimal. Idealnya, seorang atlet memulai dengan posisi 4-point stance, yaitu posisi di mana kedua tangan dan kaki berada di tanah. Atlet tetap berada di jalur yang sama pada trek lari selama balapan, kecuali untuk Lari Jarak Pendek 400 m indoor. Lari Jarak Pendek 100 m ke bawah fokus pada kompetisi kecepatan. Sedangkan untuk 100 m ke atas tidak hanya fokus pada kecepatan, tetapi juga stamina dan daya tahan.

Lari Jarak Pendek 60 m umumnya dilakukan dalam ruangan (indoor), kejuarannya pun juga dilakukan dalam ruangan.

Faktor Biologis yang mempengaruhi Potensi Pelari

Muscular Strength ~ Kekuatan Otot

Adrenaline Use ~ Pemakaian Adrenaline

Anaerobic Respiration Capacity ~ Kapasitas Respirasi Anaerobik

Breathing – Pernapasan

Footstep – Langkah Kaki

Proportoion of fast twitch muscles – Proporsi dari otot berkedut cepat

Leg Length – Panjang Kaki

Pelvic width – Lebar Panggul

Jenis – jenis Lari Jarak Pendek

Kompetisi Lari Jarak Pendek 60 m

  • Kompetisi Lari Jarak Pendek 60 m umumnya dilakukan dalam ruangan (indoor). Karena rata-rata kompetisi ini diselesaikan dalam waktu 6-7 detik, memiliki reflek dan kecepatan start yang bagus amat sangat penting.

  • Lari ini bahkan bisa diselesaikan dengan satu nafas.

  • Rekor dunia pada lari jarak ini dicetak oleh pelari Amerika yaitu Maurice Greene dengan waktu 6,39 detik.

Kompetisi Lari Jarak Pendek 100 m

  • Kompetisi lari 100 m menggunakan luar ruangan (outdoor). Pemegang rekor dalam lomba ini biasanya disebut sebagai “manusia tercepat dunia”. Saat ini rekor Lari Jarak Pendek 100 m dipegang oleh Usain Bolt dengan catatan waktu 9,58 detik.

Kompetisi Lari Jarak Pendek 200 m

  • Kompetisi lari 200 m menggunakan trek outdoor yang lurus dan melengkung. Walaupun begitu ada juga yang indoor.

  • Kompetisi ini dilakukan sekali putaran.

  • Rekor dunia saat ini dipegang oleh Usain Bolt, dengan catatan waktu 19,19 detik.

Kompetisi Lari Jarak Pendek 400 m

  • Kompetisi lari jarak 400 m berlangsung satu lap. Walaupun masih tergolorong Lari Jarak Pendek, 400 m cukup panjang sehingga bisa memerlukan strategi dalam balapannya.

  • Rekor dunia dalam lari jarak ini dipegang oleh Michael Johnson dengan catatan waktu 48,13 detik.

Lari Estafet (Relay Run)

Lari estafet 4 x 100 m adalah ajang begengsi lainnya. Bahkan, rata-rata kecepatan lari estafet 4 x 100 m lebih cepat dibanding Lari 400 m (secara individu). Rekor dunia dalam lari ini adalah 36,84 detik, yang dipegang oleh Tim Jamaica.

Aturan

The Start

running-498257_960_720

Starting block digunakan dalam memulai semua kompetisi lari jarak pendek dan lari estafet. Starting block terdiri dari 2 alas kaki yang bisa diatur. Balapan dimulai dengan penembakan starter’s gun. Urutannya adalah wasit mengatakan “on your marks”, lalu “set”, lalu menembakan tembakannya.

Lanes (Jalur)

Dalam ajang lari jarak pendek, semua pelari harus tetap pada jalurnya. Lebar jalur tersebut adalah 4 kaki. Setiap jalur biasanya memiliki nomor-nomor. Atlet yang lari di luar jalurnya untuk mendapatkan keuntungan akan mendapatkan diskualifikasi. Jika seorang atlet terpaksa lari di luar jalurnya karena orang lain mengambil jalurnya, maka ia tidak mendapatkan diskualifikasi.

The Finish

Atlet pertama yang torsonya menyampai melewati garis finish adalah pemenangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *