Musibah Yang Menimpa Blog Ini & Tentang Pentingnya Backup

Blog ini terkena masalah, banyak belajar dari musibah ini, terutama tentang dunia per-backup-an.

Mungkin para reader yang pernah berkunjung ke blog ini heran, kenapa tampilan berubah dan banyak postingan yang hilang. Inilah penyebabnya, gan.

Hari Selasa, tanggal 9 Februari 2016, blog ini mengalami musibah. Begitu pentingnya musibah ini, sampai-sampai sepertinya para jomblo harus bersatu untuk segera menurunkan Bapak Jokowi, turun dari kudanya Pak Prabowo.

Blog ini terhapus dari muka bumi, hilang dalam hitungan detik. Penting banget kan? saking pentingnya saya cuma mandi sekali hari itu.

Awalnya cpanel (dapur website) tidak bisa diakses, entah karena apa. Percobaan login selalu invalid, padahal saya yakin username dan password yang saya gunakan benar. “Your login is invalid,” katanya. Karena jadi baper, rasanya seperti membaca, “Lamaranmu ditolak.”

Setelah beberapa proses lamaran login tersebut ditolak, akhirnya saya pun mencoba berkonsultasi dengan dukun teknisi Indowebsite, provider hosting saya. Tidak sampai 15 menit, pertanyaan saya langsung terjawab.

“Kami telah me-whitelist IP bapak, silahkan dicoba lagi,” Kata teknisi Indowebsite.

Saya tidak tahu tentang whitelist IP itu apaan, tapi dilihat dari kata “whitelist” berarti IP address yang saya gunakan dalam mengakses cpanel ter-blacklist, entah kenapa. Setalah mereka whitelist, akhirnya saya bisa login.

Saya mengupload beberapa tema baru untuk blog. Ketika mencoba untuk mengaplikasikan beberapa tema yang baru saya upload, blog saya mengalami not responding, halaman blog menjadi kosong, blank. Parahnya, tak hanya halaman blog yang menjadi blank , dasbor blog saya juga blank.

Setelah me-refresh berulang-ulang halaman blog dan mencobanya lewat browser lain, blog tetap tidak mau diakses. Tentu saja saya panik, terlalu banyak kenangan manis di blog ini, sumpah. Akhirnya, dengan segala keterbatasan pengetahuan saya tentang dunia per-website-an, saya mencoba menempuh beberapa jalan penyelamatan.

Pertama, saya berpikir untuk mencoba menghubungi dukun teknisi indowebsite lagi. Tetapi saya teringat, sebelumnya saya pernah mengalami permasalahan yang agak mirip di website saya yang lain. Agak mirip, tetapi berbeda dengan masalah ini. Ketika itu jawaban dari pihak Indowebsite tidak menyelesaikan masalah. Tetapi karena website tersebut tidak saya butuhkan lagi, saya menghapusnya dan masalah selesai.

Akhirnya saya urungkan menghubungi pihak teknisi dalam masalah ini.

Kedua, saya mencoba mengutak-atik cpanel. Directory fazzams.com saya cek. Ternyata benar, waktu itu isinya kosong, hanya ada folder ‘wp_content’. Tetapi saya menemukan kejanggalan. Ada folder ‘fazzams.coms’ (pakai “s”) dan isinya lengkap. pikirku, jangan-jangan isi folder ‘fazzams.com’ pindah ke sini semua. Setelah dicek ternyata benar. Well, berarti tinggal dikembalikan directory location-nya dan file-nya di kembalikan ke folder semula.

Setelah mencoba untuk menempatkan hal-hal pada tempatnya, saya mencoba mengakses halaman fazzams.com lagi. Hati saya berdegub waktu itu. “Kalau ini gagal habislah segala blogku ini,” gumamku dengan khawatir. Dan ternyata berhasil. Berhasil membuatku ingin menangis di dalam kolam renang.

Backup data dan pentingnya back up web

Walaupun saya bukan blogger-blogger top, blog ini memiliki banyak kenangan manis. Beberapa postingannya menjadikan pernikahan teman-taman saya menjadi fitur. Beberapa postingan menjadi bahan pembicaraan di kampus dan membuat blog ini terkenal. Beberapa postingannya diikutkan lomba, dan salah satunya menjadi pemenang lomba. Beberapa postingannya membuat saya berkenalan dengan orang baru. Beberapa postingannya membawaku ke beberapa tempat dan acara yang mungkin takkan pernah kudatangi. Dan banyak hal lainnya lagi.

Terpikir olehku untuk menghapus website ini dan mengulangnya dari awal. Tetapi saya mencoba untuk tetap berpikir dingin. Akhirnya saya teringat, Backup!

Saya mempunyai dua macam jenis backup kala itu, satu yang bisa diakses melalui dasbor blog, satunya lagi yang bisa diakses melalui softaculous. Kalau yang melalui dasbor blog sudah tentu tidak bisa digunakan, lha wong masuk ke dasbor saja tidak bisa. Kemudian saya mengecek apakah di softaculous ada backup-annya atau tidak. Ternyata tidak ada. Backup tersebut sudah saya download dan yang di softaculous saya hapus.

Oke, now what?

Setelah browsing-browsing, saya menemukan bahwa unduhan backup tersebut harus diupload kembali ke folder softaculous_backup. Setelah diupload ternyata tetap tidak muncul di daftar backup softaculous. Saya tidak patah arang. Saya hapus semua file dalam fazzams.com dan menggantikannya dengan file-file dari backup-an. Dan ternyata masih tidak berhasil. Hiks.

That was where I had surrendered. And that was the start of this disaster.

Setelah berjam-jam, saya berpikir -masih dalam keadaan panik- bahwa mungkin blog ini benar-benar harus diluluhlantakan seluruhnya. Baru setelah itu diisi dengan file backup.

Saya lihat file dalam backup-an sama persis seperti dengan isi folder blog yang kuhapus. Akhirnya, Blog tersebut benar-benar kuhapus (Mengingat hal ini masih saja menyesakkan dada). Setelah itu saya coba menyalin folder backup tadi.

Ternyata masih tidak bisa, di situ saya sudah benar-benar helpless, and yes, I was searching solution in google helplessly.

Hingga akhirnya terpikir oleh saya kata kunci “backup wordpress manually”, “install wordpress manually”, dan “restore wordpress manually. Dan setelah saya pelajari artikel-artikel hasil temuan kata kunci tersebut saya menyadari sesuatu. Saya menyadari kesalahan saya dalam proses penyelamatan blog, dan itu fatal banget. I had lost my database. Ketika saya menyadarinya saya begitu depresi.

It was only seconds to late.

That was the end of this, argh. Rasanya tuh seperti skripsi yang udah mau selesai lalu hilang, luluh lantak tak ada backup, padahal teman seangkatan sudah mau wisuda.

Walaupun saya bukan blogger-blogger top, blog ini memiliki banyak kenangan manis. Beberapa postingannya menjadikan pernikahan teman-taman saya menjadi fitur. Beberapa postingan menjadi bahan pembicaraan di kampus dan membuat blog ini terkenal. Beberapa postingannya diikutkan lomba, dan salah satunya menjadi pemenang lomba. Beberapa postingannya membuat saya berkenalan dengan orang baru. Beberapa postingannya membawaku ke beberapa tempat dan acara yang mungkin takkan pernah kudatangi Dan banyak hal lainnya lagi.

Masih Bisa Diselamatkan (80%)

Sebagian reader tahu bahwa blog ini awalnya berada di domain fazzams.wordpress.com baru kemudian pindah ke fazzams.com. Pemindahan terjadi sekitar September, 2014.

Jadi ?

Artikel-artikel yang terdapat di fazzams.wordpress.com bisa diimpor lagi. Oleh karena itulah agan bisa liat -walaupun web ini udah diformat ulang seluruhnya- sudah ada beberapa artikel di sini. Artikel-artikel ini adalah artikel mulai dari Januari sampai September, 2014, yaitu ketika sebelum dibuatnya fazzams.com.

Lalu artikel-artikel setelah itu?

Alhamdulillah, Masih bisa di-recover lagi karena saya masih menyimpan file-file doc-nya, meski hanya 80%. Saya berencena merecover postingan-postingan tersebut, tetapi secara perlahan.

Meskipun saya masih bisa me-recover postingan-postingan tersebut, saya tidak bisa me-recover komentar-komentar dan interaksi. yang pernah terjadi.

Lesson Learned : Backup blogmu dengan benar !

Backup blogmu dengan benar! Dan jangan hanya mengandalkan backup-an dari plugin! Gunakan juga backup-backup yang bisa digunakan dari luar webmu. Kalau perlu selalu backup file dan databasemu, kemudian didownload. Setelah itu pelajari prosedur backup yang benar.

Backup web dan pentingnya back up data

Persiapkan segalanya untuk segala kemungkinan terburuk, termasuk backup webmu.

Persiapkan segala kemungkinan terburuk, kecuali jika agan tidak masalah jika suatu saat nanti kehilangan blog agan.

Always have backup plan to the backup plan” -Gillian Flynn

You Might Also Like

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>