Biografi Fakta Menarik Ustad Khalid Basalamah

Biografi Ustad Khalid Basalamah

BIOGRAFI DR KHALID BASALAMAH, LC. M.A

Biodata Pribadi

Nama : Khalid Zeed Abdullah Basalamah

Lahir : Makassar, 01-Mei-1975

Jenjang Pendidikan : S1 Universitas Islam Madinah (Saudi Arabia)

S2 Universitas Muslim Indonesia (Indonesia)

S3 Universitas Tun Abdul Razzak (Malaysia)

Aktivitas Kelembagaan Ustad Khalid Basalamah

Ceramah Ustad Khalid Basalamah

Pria kelahiran Makassar ini sangat aktif di berbagai lembaga islam. Seperti ketua umum Yayasan Ats Tsabat Jakarta Timur, Ketua Forum Pengiriman Dai Irian dan juga Penasehat di stasiun televisi swasta Wesal TV.

Ustadz Khalid adalah seorang Dai Indonesia yang cukup populer, terutama di dunia maya. Ada ratusan kajian beliau yang telah terupload di youtube.

Ternyata selain sebagai Dai, Ustadz Khalid Basalamah memiliki banyak prestasi dan bidang usaha yang sedang digelutinya, diantaranya:

1. Restoran Milik Khalid Basalamah

Apabila Anda pernah duduk di majelis beliau. Tentu sudah tahu bahwa Ustadz Khalid Basalamah memiliki resto bernuansa timur tengah. Restoran ini ia beri nama Ajwad Resto.

Bertempat di Jalan Kalibata Raya No.1, Kalibata City Square Lantai LG Blok E No.11, Jakarta.

Restoran ini sengaja didirikan oleh Ustadz Khalid karena kecintaannya terhadap masakan timur tengah. Selain itu ia ingin menjadikan restoran ini sebagai industri ekonomi kreatif yang kelak menjadi sarana dakwah dan berkhidmat kepada kaum muslimin tanah air khususnya dan seluruh dunia umumnya.

2. Peringkat Pertama Sebagai Ustadz Terpopuler di Youtube


Fakta menarik lainnya yang disandang oleh Ustadz Khalid ialah menduduki peringkat pertama sebagai ustdaz yang disarankan oleh youtube.

Apabila kita membuka channel beliau di youtube maka akan didapati ratusan kajian islam. Mulai dari sejarah Nabi hingga tata cara kehidupan seorang muslim. Dan videonya ini terus terupload setiap hari. Sehingga menjadi salah satu channel video terbanyak di Indonesia setelah Yufid.

3. Aqidah Ahlu Sunnah Wal Jama’ah

Sebagaimana dirasakan sebagai seorang muslim bahwa Aqidah adalah prioritas utama dalam beribadah kepada Allah subhanahu wata’ala. Begitu juga dengan ustadz Khalid, ia adalah seorang muslim yang taat dan memiliki aqidah Ahlu Sunnah Wal Jama’ah.

Kajian yang diajarkan beliau kepada para jama’ah selalu berdasarkan sumber yang terpercaya. Yakni Qalallah wa Qalarrasul. Perkataan Allah dan perkataan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

4. Difitnah Sebagai Wahabi

ceramah khalid basalamah

Ustad Khalid dengan Teuku Wisnu

Setiap muslim yang menjalankan Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di zaman sekrang ini tak terlepas dari fitnah wahabi. Padahal mereka tidak paham apa itu sebenarnya wahabi dan siapa yang memulainya.

Jika ditelusuri bahwa wahabi adalah kata yang sengaja digemboskan oleh orang kafir untuk memecahkan umat islam. Agar sesama muslim terpengaruh bahkan benci terhadap orang yang menjalankan dakwah sunnah.

Sama halnya dengan Ustadz Khalid Basalamah. Beliau difitnah dengan tuduhan wahabi. Dan ini merupakan pernyataan yang tidak benar bahkan bathil.

5. Setiap Ceramah Beliau Bersumber dari Kitab yang Kredibel

Jika kita mendengar kajian Ustadz Khalid maka akan didapati suatu penjelasan yang gamblang dan mudah dicerna sama akal. Saat beliau menyampaikan ceramah, kitab yang dibahas diantaranya Bulugh al-Maram min Adillat al-Ahkam, disusun oleh Ulama Ahlus Sunnah yang bernama Al Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani (773 H – 852 H)..

Kemudian kitab Minhajul Muslim karangan Syaikh Abu bakar Jabir Al Jaza’iri. Dan beberapa kitab sunnah lainnya. Semua materi yang disampaikan beliau selalu lugas dan tepat sasaran.

6. Memiliki Sanad Keilmuwan yang Mulia

Ustadz Khalid merupakan seorang dai yang menuntut ilmu dari sumbernya langsung. Yaitu Madinah, tepatnya di Universitas Islam Madinah. Disana beliau menempuh pendidikan langsung dibimbing oleh ulama yang memiliki kapasitas ilmu yang tinggi. Diantaranya adalah Syaikh Shalih Utsmain, Syaikh bin Baz dan beberapa masyaikh lainnya.

You Might Also Like

One comment

  1. 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>