Kenapa AC Tidak dingin lagi

Penyebab AC Tidak Dingin Lagi

Posted on

Pemenasan global terus melanda bumi kita. Suhu panas atmosfer terus naik dari tahun ke tahun. Ini merupakan salah satu efek samping dari industri dan gaya hidup manusia. Tentu kondisi suhu yang terus naik ini menyebabkan banyak permasalahan, baik mulai dari yang sepele maupun serius.

Beberapa permasalahan tersebut dapat diatasi dengan Air Conditioner atau AC. AC ini dapat mengatur suhu dalam ruangan sehingga lebih sejuk daripada suhu udara luar. Karena itu, di zaman sekarang, hampir semua kantor dan ruangan lain seperti hotel, restoran, dan lain-lain, pasti memiliki AC.

Walaupun AC terlihat menyelesaikan masalah, tapi, terkadang AC sendiri juga mengalami masalah. Bukan kadang, malah masalah ini sering dialami oleh para pengguna AC. Masalah itu adalah AC yang berkurang tingkat dinginnya atau malah lebih parah, AC-nya sudah tidak dingin sama sekali.

Maka, apakah penyebab dari AC yang sudah tidak dingin lagi itu?

Penyebab AC tidak dingin ada beberapa, dan sebaiknya kita perlu mengetahui hal ini. Karena beda penyebab beda juga penanganannya. Berikut adalah beberapa penyebab dari AC yang tidak dingin lagi.

1. Desain Sistem yang Kurang Bagus

Ketika kita akan membeli AC, maka hal yang harus kita pertimbangkan pertama-tama adalah luas ruangan dimana AC akan dipasang.

Pertimbangan tersebut sebenarnya sudah memiliki rumus dan hitung-hitungannya. Tetapi kalau kamu tidak tahu, kamu bisa menanyakan ke ahlinya seperti penjual AC atau pegawainya, atau bisa juga ke tukang servis AC.

Karena, apabila kamu membeli AC yang terlalu kecil dan BTU rendah, maka hal ini sangat tidak pas dengan penempatan di ruangan yang lumayan luas. Contoh sederhana, ruangan yang memilki ukuran 4 x 5 bisa memerlukan AC dengan kapasitas AC 1,5 PK. Di kasus lain dengan ruangan yang lebih kecil yaitu 6.000 – 7.000 BTU. Dengan kata lain ruangan itu hanya membutuhkan 3/4 PK.

Begitu juga dengan besar ruangan lainnya, perlu diukur terlebih dahulu sebelum menginstall AC.

2. Kondisi Ruangan

Kondisi ruangan juga akan mempengaruhi tingkat dinginnya AC. Jika ruangan tersebut langsung terpapar sinar matahari maka tentu akan lebih panas dibanding yang tidak. Selain itu tembok yang hanya terbuat dari campuran pasir dan semen tanpa ditambah kapur, maka besar peluangnya ruangan tersebut akan lebih panas. Memang tembok tersebut akan lebih kuat karena semakin padat. Tetapi sirkulasi udaranya juga semakin sempit bahkan tidak ada sama sekali.

Selain itu bila ruangan tersebut memiliki jendela kaca yang diterpa sinar matahari, maka besar kemungkinan ruangan akan lebih panas.

3. Cuaca

Mungkin kita sudah bisa mengiranya, bahwa cuaca dapat berpengaruh. Hal itu memang benar. Kalau kita merasa pada malam hari AC bekerja lebih kuat daripada siang, maka itulah bagaimana cuaca berpengaruh terhadap kinerja pendinginan AC.

4. Banyaknya Penghuni Ruangan

Jumlah penghuni ruangan juga menjadi faktor yang dapat menpengaruhi dingin tidaknya AC. Kalau hitunga-hitungannya, satu orang dewasa bisa membutuhkan 600 BTU, sedangkan anak-anak membutuhkan 400 BTU. Selain itu perlu dipertimbangkan juga barang elektronik yang bisa menghasilkan panas seperti televisi, komputer, setrika, dan lain sebagainya.

Di samping itu, aktivitas yang dilakukan dalam ruangan juga akan mempengaruhi tingkat dinginnya AC. Orang yang tidur tentu akan menggunakan BTU yang lebih rendah daripada yang bangun atau aktivitas lain yang menghasilkan panas tubuh tinggi.

5. Penempatan Mesin AC

Penempatan Mesin AC bagian luar juga harus diperhatikan. Karena, bila mesin AC bagian luar tidak mendapatkan sirkulasi yang baik maka AC pun tidak akan dapat bekerja maksimal. Kira-kira, berikanlah ruang minimal 60 cm. Enam puluh centimeter ke atas, bawah, samping, dan depan.

6. Tidak Pernah atau Jarang Sekali Diservis

Sebagaimana pun kita merawatnya AC tetap harus diservis. Freon yang ada pada AC bertahan kurang lebih sekitar 3-4 tahun pemakaian. Setelah itu harus diisi ulang.

7. Bocornya Freon

Salah satu penyebab AC tidak dingin yang lumayan sering terjadi adalah Freonnnya yang bocor. Apabila, jikalau AC-mu terindikasi mengalami kebocoran, maka tidak ada salahnya untuk memanggil tukang AC atau Tukang Servis AC untuk memeriksa dan memperbaikinya. (sponsored by Service AC Jogja)


 

Sumber Informasi:

  • http: //www.teknikhidup.com/teknologi/penyebab-ac-tidak-dingin

One thought on “Penyebab AC Tidak Dingin Lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *