Cara Menurunkan Tekanan Darah dengan Cara Alami

Cara menurnkan tekanan darah alami

Tekanan darah tinggi adalah keabnormalan yang biasanya menimpa orang yang sudah “berumur”. Tetapi, jangan dikira orang yang masih muda bisa terlepas dan terhindar dari gangguan ini.

Tekanan darah tinggi bisa berbahaya bagi kelangsungan kesehatan bahkan kehidupan seseorang. Tekanan darah tinggi, atau yang bisa disebut hipertensi arteri ini, membuat jantung harus memompa lebih kuat.

Orang yang terkena hipertensi akan berisiko terkena penyakit berat seperti gagal jantung, infak miokard atau serangan jantung, stroke, aneurisma arteri, ginjal kronik, dan penyakit arteri perifer. Peningkatan tekanan dalam darah juga terlihat menunjukan hubungannya dengan merendahnya umur harapan hidup seseorang.

Sederhananya semakin tinggi tekanan darah seseorang (dari batas kewajaran), maka meningkat juga risiko kematiannya.

Pencegahan Tekanan Darah Tinggi

Cara menurnkan tekanan darah alami

 

Tidak sedikit orang yang mengalami hipertensi tetapi tidak menyadarinya. Oleh karena itu diperlukan adanya tindakan umum yang bisa menurunkan menjaga tekanan darah masyarakat secara menyeluruh. Anjuran utama dan paling pertama adalah memelihara gaya hidup sehat. Karena kebanyakan sebab dari hipertensi adalah gaya hidup yang tidak sehat, terutama dalam masalah makanan. Kalau menurut pedoman dari Britsh Hypertension Societey tahun 2004, berikut adalah cara untuk menurunkan atau mencagah tekanan darah tinggi:

1. Memelihara berat badan yang normal. Misalkan berat badan dengan indeks massa tubuh 20-25 kg/m2.

2. Memperkecil makanan yang ada natriumnya sampai kurang dari 100mmol/hari. Dengan kata lain kurang dari 6 gram natrium klorida atau 2,4 g natrium per hari. Tidak sedikit di antara kita yang tidak menyadari bahwa makanan ringan dan mi instan juga mempunyai banyak garam Selain itu penyedap rasa MSG/vetsin juga adalah natrium.

3. Mendawamkan kegiatan aerobik secara teratur. Misalkan berjalan cepat setiap selama 30 menit atau lebih.

4. Tidak mengkonsumsi seperti minuman beralkohol.

5. Mengonsumsi makanan seperti sayuran dan buah. (Sedikitnya lima kali sehari)

Itulah cara mencegah darah tinggi menuurut British Hypertension Society (BHS) pada tahun 2004.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami

Di atas kita telah membahas tentang cara mencegah darah tinggi menurut BHS. Jikalau kita sudah mengidap tekanan darah tinggi, maka usaha yang kita perlukan untuk menormalkan tekanan darah harus lebih besar lagi. Berikut adalah beberapa cara menurunkan darah tinggi*:

1. Menormalkan berat badan

Secara umum meningkatnya berat badan berhubungan dengan meningkatnya tekanan darah tinggi. Sedangkan sebaliknya, menurunnya berat badan secara efektif diikuti dengan menurunnya tekanan darah tinggi. Sebagian menginformasikan bahwa menurunkan berat badan sebanyak 4,5 kilogram akan menurunkan tekanan darah secara efektif.

2. Berolahraga dengan rutin

Olahraga membakar lemak, memperlancar aliran darah, dan menyehatkan jantung. Otomatis secara tidak langsung olahraga akan juga dapat menurunkan tekanan darah. Berolahragalah secara teratur seperti 30 sampai 60 menit perhari.

3. Memakan makanan yang sehat

Banyak penyakit berasal dari apa yang kita makan. Bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa makananmu adalah sumber penyakitmu. Banyak makanan-makanan yang enak tapi bisa menaikan tekanan darah. Oleh karena itu kita harus selektif ketika sudah terkena hipertensi, tidak bisa tidak.

4. Mengurangi natrium (garam) dalam makanan yang dikonsumsi

Salah satu hal yang meningkatkan tekanan dalam darah adalah kandungan natrium dalam tubuh. Tingginya tingkat kandungan natrium dalam tubuh sejalan dengan tingginya tingkat tekanan dalam darah. Oleh karena itu kita harus mengurangi makanan yang asin-asin atau mengandung garam.

5. Tidak meminum alkohol

Selain alkohol haram dalam Islam, alkohol memang merupakan zat yang berbahaya bagi tubuh. Memang alkohol memiliki beberapa manfaat seperti menghangatkan tubuh atau memberi rasa rileks. Tetapi dampak negatif yang ditimbulkan alkohol jauh lebih banyak.

6. Menghindari produk dari tembakau dan asap rokok

Nikotin dalam rokok atau tembakau dapat meningkatkan tekanan dalam darah. Meningkatnya sekitar 10 mm Hg, dan itu kurang lebih satu jam setelah merokok. Apalagi kalau merokok sepanjang hari, maka kita bisa membanyangkan dampaknya bagi tekanan darah.

7. Mengurangi Kafein

Sebenarnya apakah kafein dapat meningkatkan tekanan darah atau tidak masih diperdebatkan. Kalaupun kafein meningkatkan tekanan darah, maka jadi perdebatan pula apakah hal itu hanya sementara atau seterusnya. Tetapi ada baiknya jikalau Anda sudah terkena hipertensi untuk menghindari minuman berkafein.

8. Menghindari diri dari stress

Stress adalah pemicu utama dari tekanan darah tinggi dan penyakit tinggi. Maka sudah seharusnya kita memasukan perilaku sabar dalam gaya hidup kita. Karena dengan sabar ini akan membawa banyak manfaat. Kita bisa memasukkan sabar dalam hidup kita dengan cara meditasi, menolong orang lain, pernafasan, pijat refleksi, berbicara dengan orang yang dicintai, dan lain-lain.

9. Mendapatkan dukungan dari keluarga tercinta dan teman dekat

Mendapatkan dukungan dari kelurga dan orang-orang yang kita cintai memiliki efek baik bagi jantung kita. Sering-seringlah berbicara dengan mereka dan meminta salah satu dari mereka untuk ikut menemani dalam proses rehabilitasi.

10. Mengkonsumsi obat herbal / menggunakan pengobatan tradisional

Sekarang ini banyak sekali racikan obat herbal yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebagian bahkan telah diteliti efeknya secara medis. Beberapa cara seperti menggunakan obat alami darah tinggi dengan memanfaatkan air minum dipercaya juga dapat menurunkan tekanan darah.

Begitulah infomarsi tentang cara menurunkan tekanan darah. Ada banyak cara bagi pengidap tekanan darah tinggi untuk menormalkannya lagi. Tinggal kita saja mau berusaha dan berdoa atau tidak. Semoga bermanfaat.

Sumber Kajian:

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    6. Menghindari produk dari tembakau dan asap rokok

    nah, bagi kaum pria, apalagi ahli hisab, itu yang sulit
    tapi ga ada yang ga mungkin sih, secara saya juga lagi ngurangin (meminimalkan) buat merokok…

    terima kasih infonya mas 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>