20 Manfaat Ilmiah Meditasi yang Sayang Jika Dilewatkan

Sumber : winner01 @ Pixabay.com

Banyak orang tidak tahu, dan di sisi lain banyak orang yang menyembunyikannya.

Apa yang disembunyikan?

Manfaat meditasi. Penelitian menemukan bahwa meditasi ternyata bisa berdampak positif bagi kehidupan kita, mulai dari kesehatan, pekerjaan sampai hubungan sosial.

Berikut adalah manfaat meditasi yang kami kutip dari psychologytoday.com* :

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Sistem Imun

Meditasi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Dengan kata lain, meditasi dapat membuat kita lebih terlindung dari penyakit. Fakta ini dibuktikan oleh Richard J. Davidson, dkk dan Pace Thaddeus, dkk.

Richard dkk. meneliti efek meditasi selama 8 minggu terhadap otak dan kekebalan tubuh1. Mereka menemukan bahwa meditasi dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus infulenza. Dengan catatan virus yang diujicoba dalam penelitian ini hanyalah virus infulenza. Bisa jadi meditasi juga berefek pada kekebalan tubuh terhadap penyakit lain. Intinya adalah meditasi dapat mempengaruhi otak dan kesehatan fisik.

Yang kedua adalah penelitiannya Pace Thaddeus dkk2. Mereka meneliti efek meditasi terhadap respon kekebalan tubuh terhadap kondisi stres. Dalam penelitian tersebut, mereka menemukan bahwa orang yang bermeditasi selama 6 minggu memiliki respon terhadap kondisi stres yang lebih rendah. Sederhananya, dengan meditasi, mereka lebih kebal terhadap penyakit yang bisa diinduksi oleh kondisi stres.

Inti dari kedua penelitian di atas adalah bahwa dengan mempraktek meditasi kita akan lebih terlindung dari berbagai penyakit.

2. Mengurangi rasa sakit

F. Zeidan dkk. menemukan bahwa trainning meditasi selama 4 hari, dapat mengurangi intensitas rasa sakit yang diterima ketika kita tersakiti3. Artinya, kita kesensitifan kita terhadap rasa sakit berkurang.

3. Mengurangi peradangan pada tingkat sel (Inflammatory at cellular level)

Meditasi dapat mengurangi peradangan pada tingkat sel. Peradangan pada tingkat sel adalah salah satu sebab awal dari berbagai macam penyait. Dengan berkurangnya tingkat peradangan pada sel maka kemungkinan kita terkena penyakit semakin kecil.

Dan pengurangan peradangan pada tingkat sel itu bisa dilakukan dengan meditasi4.

Manfaat Meditasi terhadap Kebahagiaan

4. Meningkatkan perasaan positif

Meditasi bisa meningkatkan perasaan positif, seperti bahagia, syukur, tenang, dan lain-lain.

Manfaat Meditasi

Manfaat Meditasi (Gambar: Counselling@Pixabay.com)

5. Mengurangi depresi

Tidak hanya menambah perasaan positif, meditasi juga dapat mengurangi depresi. Percuma jika perasaan positif kita bertambah, tetapi di lain waktu kita masih mudah depresi. Maka, meditasi ini bisa menyempurnakan kondisi tersebut dengan mengurangi depresi.

6. Mengurangi kegelisahan / kemasygulan

Hidup kita selalu dikejar berbagai tuntutan, baik tuntutan yang datang dari sendiri maupun orang lain. Tuntutan naik seringkali menimbulkan rasa gelisah bagi kita. Rasa gelisah yang berlebihan bisa mencuri fokus kita, mengambil rasa tenang kita, dan ujung-ujungnya akan mempengaruhi hidup kita secara keseluruhan.

Meditasi bisa digunakan untuk mengurangi kegelisahan.

7. Mengurangi stres

Kita membutuhkan sedikit tekanan dalam hidup agar mau bergerak. Tetapi tekanan yang terlalu banyak justru akan berdampak negatif, baik psikologis maupun biologis. Bahkan seringkali akumulasi stres yang terjadi bertahun-tahun merupakan sebab dari penyakit-penyakit elit di masa tua. Oleh karena itu mengendalikan stres dalam kehidupan hukumnya adalah wajib.

Meditasi bisa mengurangi stres.

Manfaat Meditasi untuk Kehidupan Sosial

8. Meningkatkan hubungan sosial dan kecerdasan sosial

Kehidupan sosial adalah salah satu sumber permasalahan dalam kehidupan. Permasalahan yang muncul bisa jadi sederhana, bisa jadi rumit. Bisa jadi akibatnya sepele, bisa jadi akibatnya serius. Setiap orang dalam menghadapi permasalahan sosialpun berbeda-beda. Itu terantung kecerdasan sosial mereka.

Meditasi dapat meningkatkan hubungan sosial dan kecerdasan sosial. Mau nggak?

9. Membuatmu lebih empati

Empati menurut bahasa adalah mencoba memahami perasaan atau pikiran orang lain. Di zaman ini sikap empati semakin langka. Itu terlihat dari munculnya kata seperti, “jangan baper”, “jangan kepo”, dan lain-lain. Padahal sikap empati ini penting. Penting karena sikap ini bisa meminimalisir terjadinya kesalahpahaman. Kesalahpahaman yang bisa menjadi akar berbagai macam konflik sosial. Toh, banyak sekali konflik sosial yang terlanjur parah hanya dikarenakan adanya kesalahpahaman yang berlarut-larut.

Dengan meditasi kita bisa meningkat empati.

Mau ngga tinggal di lingkungan yang berempati. Mari mulai dari diri sendiri.

10. Membuatmu tidak meresa kesepian ketika sendiri.

“Sendiri itu bukan masalah. Yang menjadi masalah adalah rasa kesepian. Karena bisa saja seseorang di tengah keramaian tetapi merasa kesepian.”

Rasa kesepian bisa memicu depresi. Depresi memicu rasa stres dan putus asa. Semua rasa negatif tersebut berdampak buruk bagi psikologi dan fisik.

Meditasi ternyata bisa menghilangkan rasa kesepian.

Jadi kalau Anda adalah Jomblo dan merasa kesepian, mungkin meditasi bisa membantu Anda :p

Manfaat Meditasi untuk Penguasaan Diri

Sumber : winner01 @ Pixabay.com

Sumber : winner01 @ Pixabay.com

11. Meningkatkan kapastiasmu untuk mengatur perasaan

12. Meningkatkan kemampuan untuk melakukan instrospeksi,

Manfaat Meditasi untuk Otak

13. Menguatkan grey matter

14. Meningkatkan volume bagian otak yang mengatur perasaan, penguasaan-diri, dan perasaan positif.

Manfaat Meditasi untuk Produktivitas

15. Meningkatkan perhatian dan fokus

16. Meningkatkan kemampuan untuk multitasking

17. Meningkatkan daya ingat

18. Meningkatkan kemapuan untuk menjadi kreatfif dan berpikir di luar kotak (thinking outside the box)

19. Meditasi Membuat Makin Bijaksana


Itulah Sekilas Mengenai Manfaat Meditasi. Tentunya masih banyak manfaat meditasi yang belum terdaftar di atas. Kalau kamu punya pandangan silahkan comment di bawah ini 🙂


Sumber Pustaka :

* : https://www.psychologytoday.com/blog/feeling-it/201309/20-scientific-reasons-start-meditating-today

1http://journals.lww.com/psychosomaticmedicine/Abstract/2003/07000/Alterations_in_Brain_and_Immune_Function_Produced.14.aspx

2http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0306453008002199

3http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3090218/

4http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0889159112004758

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>