Manfaat Jenggot dalam Sunnah Islam dan Penelitian

Manfaat Jenggot dalam Islam

Jenggot dalam Islam dan Manfaatnya – Bagi kaum muslim pria, memelihara jenggot merupakan salah satu sunnah Rasulullah SAW. Namun, saat ini amalan ini sudah mulai banyak ditinggalkan oleh umat islam karena dianggap aneh oleh sebagian orang dan “katanya” membuat orang jadi merasa tidak nyaman.

Padahal memelihara jenggot adalah salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Diriwayatkan oleh Ibnu Umar, Nabi Muhammad SAW mengatakan, “Berbedalah kamu dengan orang-orang musyrik, peliharalah jenggot dan cukurlah kumis” (HR. Bukhari).

Pada hadits tersebut, Rasulullah SAW menekankan kata “pelihara” dimana diriwayat yang lain diartikan dengan “tetapkanlah atau tinggalkanlah”. Hal ini berarti Rasulullah SAW memang memerintahkan kepada umatnya untuk melaksaakan amalan ini.

Amalan ini mengajarkan pada umat muslim supaya mempunyai kepribadian yang berbeda dengan para orang kafir, baik penampilan ataupun gaya hidup. Selain itu, jenggot merupakan lambing kesempurnaan laki-laki dan juga tanda pembeda dengan perempuan.

Manfaat memiliki jenggot bagi pria

Para peneliti telah mengungkapkan bahwa memelihara jenggot bukan hanya sekedar sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW saja, akan tetapi memelihara jenggot juga mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Apa saja manfaat memelihara jenggot? Yuk simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

1. Memperlambat Penuaan Dini

Jenggot memang dapat membuat wajah terlihat lebih tua, akan tetapi ternyata jenggot bisa memperlambat penuaan dini pada kulit lhoh.

Jenggot bisa membantu memperlambat gejala penuaan dini pada kulit wajah dan juga membuatnya tetap lembab. Jenggot juga dapat melindungi kulit wajah dari terpaan angin dan udara dingin yang dapat membuat kulit wajah menjadi kering.

2. Mencegah Penyakit Kanker kulit

Hasil penelitian dari para ilmuan di University of Southern Queensland yang dipublikasikan di jurnal Radiation Protection Dosimetry menjelaskan bahwa 90-95% paparan dari sinar UV matahari yang mengenai wajah bisa terhalangi oleh adanya jenggot.

Hal tersebut akan memperlambat terjadinya penuaan dini pada kulit dan juga mampu menurunkan risiko terjadinya kanker kulit.

Seperti yamh sudah diketahui, bahwa matahari mempunyai kandungan ultraviolet yang berbahaya untuk kesehatan kulit dan bisa menjadi penyebab kanker kulit.

Semakin tebal jenggot yang dipelihara oleh seorang pria diwajahnya, maka tingkat perlindungannya terhadap sinar ultraviolet juga akan semakin tinggi.

3. Mencegah Terjadinya Infeksi

Infeksi biasanya sering terjadi dan mengancam pada kebiasaan yang sering mencukur jenggot. Tidak akan ada ruam merah jika Anda tidak sering mencukur jenggot pada wajah Anda.

Berdasarkan pendapat Dr. Martin Wade, konsultan dermatologis di London Skin and Hair Clinic, mencukur jenggot terlalu sering umumnya menjadi penyebab utama adanya infeksi bakteri di sekitar jenggot.

4. Mengurangi Penyakit Asma Dan Gejala Alergi

Jenggot memiliki fungsi yang hampir mirip dengan bulu hidung yaitu sebagai fiter. Jenggot dapat menjadi penyaring dan mencegah terjadinya penyakit asma dan juga gejala alergi.

Gejala asma umumnya dipicu oleh debu ataupun serbuk yang terdapat di rambut wajah, dengan adanya jenggot yang tebal maka debu-debu tersebut akan tertahan pada jenggot, sehingga akan menurunkan gejala penyakit asma yang kemungkinan bisa terjadi.

Carol Walker, ahli kesehatan rambut dan pemilik Birmingham Trichology Centre, mengatakan bahwa jenggot yang dipelihara hingga mencapai area hidung kemungkinan besar mampu menghentikan penyebab terjadinya alergi naik ke hidung dan terhisap oleh paru-paru.

Jadi, bagaimana? Sudah siapkah Anda untuk mengamalkan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW dengan memelihara jenggot?

Demikian penjelasan lengkap mengenai jenggot menurut islam dan juga manfaat besarnya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*