Manfaat semangka untuk ibu hamil

Khasiat Buah Semangka Bagi Ibu Hamil

Posted on

Berkulit hijau, berdaging merah, berair yang siap membanjiri tenggorokanmu yang kering. Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Hampir tidak ada orang yang belum pernah merasakan buah satu ini. Buah berair degan rasa manis yang pas.

Mengkonsumsi semangka di tengah cuaca yang terik ditambah tenggorakan penuh dahaga adalah kenikmatan tak terkira. Oleh karena itu buah ini juga sering terhidang saat buka puasa. Di samping itu kandungan air yang berlimpah pada semangka, membuat semangka pas untuk jadi buah pencuci mulut. Inilah kenapa seringkali semangka dijadikan menu buah di acara ramah tamah seperti syukuran, pernikahan, dan lain sebagainya.

Tetapi apakah kamu tahu bahwa buah ini punya manfaat tersendiri untuk Ibu Hamil? Yes, semangka adalah buah yang direkomendasikan agar dikonsumsi dengan rutin sama ibu hamil. Lalu, apa saja khasiat semangka bagi ibu hamil?

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Inilah pertanyaan yang akan dibahas dalam artikel ini, berikut sebelas khasiat semangka bagi ibu hamil, yang merupakan rangkuman kami dari beberapa sumber*:

1. Dehidrasi Tubuh No Way

Sebagaimana kita tahu bahwa buah semangka merupakan buah yang sangat berair. Menurut salah satu sumber*, bahwa kandungan air di semangka mencapai sampai dengan 90%. Dan ini sangat berguna sekali untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Lalu, apa hubungannya sama ibu hamil?

Dikarenakan, bila ibu hamil mengalami dehidrasi bisa menyebabkan kontraksi prematur. Kontraksi ersebut bisa menjadi penyebab kelahiran prematur. Oleh karena itu seorang ibu hamil harus terpelihara dari mengalami dehidrasi, salah satu pencegahannya adalah dengan rutin mengkonsumsi buah ini.

2. Mengurangi Terjadinya Pigementasi pada Kulit

Pigmentasi merupakan salah satu efek samping yang ditimbulkan oleh kehamilan. Ini merupakan hal yang sering terjadi dan alami. Tetapi dengan memakan buah semangka, kita bisa melancarkan pencernaan makanan dan menjaga gerakan usus halus. Hal inilah yang bisa mengurangi pigmentasi di kulit.

3. Pencegahan terhadap Kram Otot

Ketika seorang ibu hamil maka dia akan mengalami beberapa perubahan dalam tubuhnya, terutama dengan hormon dan berat badannya. Pastinya hal ini bisa mempengaruhi tubuh bagian lain seperti tulang dan berat badan. Kram otot merupakan gangguan yang sering muncul karena hal tersebut. Dengan mengkonsumsi berbagai macam buah, termasuk semangka, maka bisa mengurangi masalah ini.

4. Menyembuhkan dan Mencegah Morning Sickness

Permasalahan lain yang biasa muncul pada ibu hamil ialah morning sickness, atau mual dan pusing di pagi hari. Memakan buah semangka saat pagi hari bisa mencegah morning sickness yang menggangu kenyamanan.

5. Masalah Keluhan Pencernaan Teratasi

Masalah pencernaan merupakan salah satu masalah yang dialami oleh ibu hamil. Mual dan asam lambung adalah salah satu masalah pencernaan yang sering muncul. Dan salah satu solusi dari permasalahan mual dan asam lambung tersebut adalah dengan mengkonsumsi buah semangka.

6. Memelihara Kesehatan Jantung

Zat likopen adalah salah satu senyawa yang dikandung oleh buah semangka. Dan salah satu khasiat dari senyawa ini adalah menjaga kesehatan jantung. Tentu saja ini akan sangat penting bagi jantung sang ibu hamil dan si janin. Oleh karena itu buah semangka bisa menjadi solusi untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Ikut Menjaga Sistem Imunitas

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang dikandung buah semangka. Dan seperti yang sudah banyak orang tahu, bahwa vitamin c berkhasiat menjaga kesehatan. Tentu saja bagi ibu hamil yang kesehatannya rentan, vitamin c akan sangat berguna.

8. Mensupport Pembentukan Tulang Janin

Buah semangka mempunyai kandungan kalium. Di mana kalium mempunyai manfaat untuk memelihara kalsium dalam tubuh. Pasti ini bisa bermanfaat pada proses pembentukan tulang janin dan memelihara kesehatan persendian ibu hamil.

9. Banyak Antioksidan dari Vitamin A

Buah semangka mengandung Vitamin A. Dan Vitamin A mempunyai khasiat dalam menjaga kesehatan mata. Di samping itu, Vitamin A memiliki zat karotenoid yang bermafaat sebagai antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas. Sehingga tubuh bisa ternetralisir dari racun dan terlindungi darinya.

10. Memperlancar Buang Air Kecil

Buah semangka mempunyai kandungan air yang banyak. Sehingga, saat kita rutin mengkonsumsinya, semangka dapat melancarkan pembuangan urine atau air kecil. Dan pembuangan urine merupakan jalur utama dari pembuangan racun dalam tubuh.

11. Pembengkakan pada Ibu Hamil Terkurangi

Di masa kehamilan, seringkali Ibu hamil mendapat gangguan berupa pembengkakan di kaki dan tangan. Kondisi gangguan ini ialah edema. Memakan buah semangka dapat mengurangi edema itu karena semangka bisa melancarkan penyumbatan di darah.

Begitulah informasi singkat tentang manfaat konsumsi buah semagkan bagi ibu hamil. Tentunya mengkonsumsi semangka ini juga harus diimbangi dengan gaya hidup sehat. Semoga bermanfaat,


 

Sumber:

  • http://www.tentangibu.com/2015/03/Manfaat-Buah-Semangka-Untuk-Ibu-Hamil.html
  • http://hamil.co.id/nutrisi-ibu-hamil/buah-sehat/manfaat-semangka-untuk-ibu-hamil
  • http://www.katalogibu.com/nutrisi/bahaya-dan-manfaat-semangka-bagi-ibu-hamil.html#comment-37091

One thought on “Khasiat Buah Semangka Bagi Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *