Gembok Alarm
Gembok Alarm

Inovasi Alarm Pada Gembok Alarm

Posted on

Gembok Alarm – siapa yang tidak kenal dengan barang yang satu ini, gembok?

Hampir di manapun kita bisa menemuinya. Gembok ini mengunci sesuatu agar tak bisa dibuka atau digunakan. Tetapi justru gembok ini membebaskan hati kita dari perasaan khawatir.

Gembok sebenarnya adalah kunci yang portabel. Gembok biasnya di kaitkan pada suatu lubang di pintu. Gembok bertujuan untuk mencegah maling, perampokan, vandalisme, atau hal berbahaya dan tidak diinginkan lainnya.

Sejarah Gembok

Saya kurang tahu pasti kapan gembok pertama kali ditemukan dan digunakan. Yang pasti fungsi dari gembok, yaitu mengunci, sudah dipenuhi oleh benda-benda yang datang lebih dahulu dibanding gembok. Ini karena tangan tak bertanggung jawab dan rasa ketidakamanan telah ada sejak bermulanya awal peradaban manusia itu sendiri.

Catatan pertama kali tentang gembok adalah di era Kekaisaran Roma sekitar tahun 500 Sebelum Masehi sampai 300 Masehi. Gembok itu terkenal pertama kali melalui para pedagang yang berkelana melalui jalur perdagangan kuno ke Asia, khususnya Cina.

Gembok Alarm 2
Gembok Alarm

Gembok telah digunakan pertama kali di Cina sejak pemetintahan Dinasi Han timur (25-220) masehi. Pada masa itu gembok belumlah sepraktis dan sekecil sekarang. Gembok pada masa itu juga dibuat dengan perunggu, kuningan, dan material logam lainnya.

Gembok dengan model yang seperti sekarang pertama kali ditemukan di York, Inggris pada sekitar tahun 850 M oleh Jorvik Viking settlement. Pada periode 850 – 1000 M itulah nama padlock untuk gembok ditemukan. Gembok itu pertama kali digunakan untuk menyimpan dan menjaga hewan ternak.

Pembuatan Gembok

Pembuatan gembok pertama kali dilakukan sejak penemuan kunci. Ini karena gembok dan kunci adalah barang yang saling melengkapi satu sama lain. Gembok dibuat dengan besi atau baja yang di dalamnya ada lubang kuncinya. Walaupun sekarang gembok tidak lagi tergantung dengan kunci konvensional.

Jenis-Jenis Gembok

Jenis-jenis awal gembok adalah gembok yang sering kita lihat sampai sekarang. Gembok awalnya hanya beberapa susunan kunci besi yang disusun dengan pola tertentu. Lalu di abad pertengahan muncullah gembok yang dengan kunci yang seperti kita pakai sekarang, hanya saja ukurannnya cenderung lebih besar. Lalu muncul gembok brankas. Kemudian muncul gembok mini yang kuncinya berupa kombinasi angka. Lalu muncul lagi gembok digital.

Sekarang, salah satu gembok yang populer, yaitu gembok alarm.

Gembok Alarm

Gembok alarm sesuai namanya adalah gembok yang mempunyai fungsi seperti alarm.

Berikut video peragaannya:  

Tak jarang maling yang mempunyai skill untuk membobol gembok tanpa menimbulkan kecurigaan. Terkait hal tersebut gembok alarm mempunyai tiga fungsi, yaitu:

1. Mengagetkan si pencuri atau orang tak bertanggung-jawab lainnya.

2. Membuat mereka panik.

3. Memberi-tahu kita bahwa ada yang tidak beres.

Dengan begitu fungsi alarm pada gembok alarm akan sangat mempu meningkatkan keamanan kita atau barang yang sedang kita jaga.

Gembok alarm ini sebenarnya terlihat seperti gembok pada biasanya. Tetapi gembok alarm terbuat dari bahan yang anti karat, anti air dan hujan. Gembok ini juga sudah dilengkapi baterai yang tahan lama. Jikalau gembok ini coba dibuka atau dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab maka gembok alarm akan mengeluarkan bunyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *